Pages - Menu

Thursday, August 16, 2018

Perbankan Eropa Terdampak Krisis Turki, Kurs EUR melemah


Ekonomi zona eropa masih belum membaik sepenuhnya, Kurs EUR masih melemah sampai saat ini, belum menunjukkan akan rebound naik, Dari Pasar FX Global, pada sesi eropa, kurs Euro diperdagangkan melemah seiring kekhawatiran depresiasi lira yang belum usai. Penurunan mata uang Turki hingga 40 % terhadap dollar AS sejak awal tahun ikut menekan Kurs EUR dikarenakan eksposur bank-bank Eropa yang cukup besar ke perekonomian Turki yang memiliki saham mayoritas di bank-bank lokal Turki. Pasangan mata uang ini berada di level terendanya yitu di 1.1317, atau melemah 0.22% dari penutupan hari selasa.Turki juga mengumumkan rencana penerapan tarif impor pada produk-produk asal AS antara lain mobil, minuman dan tambakau, dengan kisaran 60% hingga 140%.

baca juga: Pertumbuhan ekonomi zona Eropa masih melambat

Dari sesi Amerika, Kurs US dollar terus menguat dan semakin menjadi aset safe haven seiring dengan outlook penguatan dollar AS dari kebijakan moneter The Fed dan outlook solidnya perekonomian AS.

baca juga: Beban hutang valas Turki sangat tinggi

Probabilitas kenaikan suku bunga The Fed semakin meningkat dan akan terjadi pada September mendatang.USD mencapai level tertinggi selama 13 bulan terakhir terhadap mayoritas mata uang pada hari Rabu karena permintaan safe haven yang berakar pada kekhawatiran atas kejatuhan dari penurunan terbaru lira Turki mendorong investor memborong mata uang AS.

Most Read