Kamis, 16 Agustus 2018

BI menaikkan suku bunga acuan jadi 5.50%, Rupiah mulai membaik


Kurs US Dollar Rupiah sedikit agak turun tekanannya, Rupiah mulai membaik seiring sentimen positif terjadi pasca BI memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 bps ke level 5.50%, dengan suku bunga Lending Facility sebesar 6.25% dan Deposit Facility sebesar 4.75%.

baca juga: BI menyiapkan rencana antisipasi krisis ekonomi Turki

Terkesan penuh tekanan dalam memutuskan kenaikan bunga acuan, Keputusan ini dilakukan guna mempertahankan daya tarik pasar keuangan domestik dan mengendalikan deifist transaksi berjalan dalam batas yang aman. BI juga memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5.00 – 5.40% tahun ini, lebih kecil dibandingkan dengan proyeksi sebelumnya 5.15 – 5.50%.

baca juga: Pemerintah kerja keras tarik US dollar ke Indonesia kembali

Namun perlu diperhatikan juga data neraca perdagangan, rilis resmi dari BPS mencatat neraca perdagangan Juli 2018 kembali mencatat defisit sebesar USD 2.03 Miliar, dengan nilai impor mengalami kenaikan sebesar 31.56% YoY dan ekspor naik 19.33% YoY. Kenaikan kebutuhan dan harga migas menjadi penyebab defisit hingga USD 6.65 Miliar bulan ini. Defisit perdagangan ini merupakan defisit kelima yang terjadi pada tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar