Tuesday, February 12, 2019

Inilah 8 Negara Dengan Beban Utang Nasional Tertinggi di Dunia versi IMF

Era suku bunga rendah banyak dimanfaatkan negara-negara untuk berhutang, tujuan hutang tentunya bermacam-macam, nah itu tergantung masing-masing negara ya, namun rasio utang ini sangat penting bagi pemberi pinjaman untuk menakar kesehatan keuangan sebuah negara, Tingkat utang pemerintah sebesar sekian persen dari besaran prosentase PDB adalah indikator yang jauh lebih baik dari kemampuan suatu negara untuk membayar utangnya dibandingkan dengan jumlah total utang yang belum dibayar. 

Dilansir dari info IMF, Banyak pemerintah meminjam uang untuk menutupi kekurangan anggaran mereka tanpa mengurangi pengeluaran mereka atau meningkatkan pemasukan dari sektor pajak. Tetapi pinjaman yang berlebihan dapat merusak perekonomian ketika suku bunga pinjaman utang menjadi naik dengan dibarengi pertumbuhan ekonomi yang  melambat


Rasio utang terhadap PDB telah meningkat di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir. Pemerintah di berbagai negara telah banyak meminjam untuk mengambil keuntungan dari era tingkat suku bunga rendah. Semakin rendah rasio utang terhadap PDB, semakin baik. Utang suatu negara berbeda dari uang yang dipinjam konsumen dari bank atau kartu kredit. Ini adalah uang yang dipinjam oleh pemerintah pusat dan seharusnya dibayar dengan bunga.

Nah berikut adalah daftar delapan negara dengan beban utang nasional tertinggi berdasarkan data dari International Monetary Fund (IMF)

8. Mozambik

Mozambik memiliki rasio utang terhadap PDB yang tidak berkelanjutan sebesar 119,4%. Baru-baru ini, diketahui bahwa sebesar $ 500 juta dari $ 2 miliar pinjaman untuk Mozambik tidak masuk hitungan. Ekonomi telah tumbuh pada tingkat yang sehat, tetapi ironisnya tetap menjadi salah satu negara termiskin di dunia. Permasalahan utamanya Ekonomi Mozambik telah dirugikan oleh beberapa skandal korupsi di pemerintahan dalam beberapa dekade terakhir.

7. Cape Verde
Negara apa itu Cape Verde, mungkin banyak yang belum pernah mendengar tentang negara pulau kecil di Atlantik ini, tetapi ini adalah salah satu dari delapan negara di dunia dengan beban utang nasional tertinggi. Rasio utang terhadap PDB hanya 70% pada tahun 2010 tetapi melonjak menjadi 127%. Negara berbahasa nasional Portugis ini hutang untuk meningkatkan ekonominya dan telah berhasil hingga saat ini

6. Portugal
Portugal memiliki rasio utang terhadap PDB 127,7%, dan negara itu telah berjuang untuk memenuhi komitmen pelunasan hutangnya di tengah krisis utang zona Eropa. Meskipun Portugal telah menerima paket bailout, tapi tetap harus keluar dari program bailout sendiri pada tahun 2014. besaran hutang ditebus beberapa kali sejak negara itu terjerembab dalam krisis keuangan pada tahun 2010. Peringkat kreditnya juga cukup buruk karena lemahnya ekonomi dan pertumbuhan ekonomi yang lambat.

5. Italia
Italia merupakan salah satu ekonomi terbesar di Eropa, tetapi juga salah satu risiko keuangan terbesar bagi zona Eropa. Rasio utang terhadap PDB mencapai 131,2%, dan menjadi salah satu rasio utang nasional tertinggi di dunia. Utang eksternal ditambah dengan pinjaman internal yang cukup besar telah menjadi penyakit kronis bagi Italia karena ekonominya tetap dalam ketidakpastian. Tingkat pengangguran kaum usia muda produktif mencapai 31,7%, adalah salah satu yang tertinggi di Eropa.

4. Yaman
Negara timur tengah Yaman juga masuk dalam daftar ini, Ekonomi Yaman menjadi sangat terpukul karena dampak negatif dari perang. Yaman memiliki beban utang yang besar, dengan rasio utang terhadap PDB mencapai 135,5%. Negara ini juga berada di tengah-tengah krisis kemanusiaan karena perang. Pemberontak Houthi telah mengendalikan ibukota Yaman sejak 2015. Baru-baru ini Yaman terkena wabah kolera terburuk di dunia yang menelan korban lebih dari 200.000 orang.

3. Lebanon
Negara Asia Barat ini memiliki rasio utang terhadap PDB 142,2%. Ekonomi Lebanon mencapai pertumbuhan yang kuat setelah perang tahun 2006, tetapi manajemen tingkat hutang yang terlalu tinggi dalam beberapa tahun terakhir memaksa pemerintah untuk memotong pengeluaran. Ini tentunya dapat memperlambat ekonomi. Memburuknya tingkat Ekonomi Lebanon juga dipengaruhi oleh perang saudara Suriah. Lebanon juga dibanjiri oleh puluhan ribu pengungsi asal Suriah, membuat tingkat pengangguran Lebanon meningkat lebih dari dua kali lipat antara 2011 dan 2014

2. Yunani
Negara para dewa-dewi Eropa, Yunani memiliki rasio utang terhadap PDB 180%, lebih tinggi dari semua negara lain di dunia kecuali Jepang. Namun, Yunani dalam posisi keuangan yang jauh lebih buruk daripada Jepang karena krisis utang negara tersebut. Yunani telah menerima banyak paket bailout tetapi masih kesulitan untuk melakukan pembayaran utang. Pengangguran kaum usia muda produktif telah melonjak hingga di atas 42%. Pemerintah memfokuskan pada langkah-langkah penghematan untuk menurunkan tingkat utang, yang mengakibatkan protes massal, tentunya karena masyarakt terbiasa hidup nyaman dengan subsidi pemerintah

1.  Jepang
Jepang adalah negara yang paling berhutang di dunia dengan rasio utang terhadap PDB sebesar 223,8%. nilai yang sangat tinggi, Rasio ini telah menurun dari rekor tertinggi tahun 2016 sebesar 250,4%. Jika orang Jepang ingin melunasi hutang negara mereka, masing-masing individu akan berutang $ 90.345, menurut Bank Dunia. Ekonomi Jepang telah berjuang dalam beberapa tahun terakhir karena populasinya terlalu banyak usia tua dan penurunan produktivitas. Bank sentralnya juga kehabisan tenaga untuk merangsang pertumbuhan ekonomi.

Ya kira-kira itu beberapa ulasan tentang rasio utang negara-negara terhadap PDB yang patut dicermati