Minggu, 24 Maret 2019

Mengapa Kurs EURUSD bisa tembus 1,1000 dan terus memburuk?? ini Penjelasannya...


Kurs EUR terhadap USD bergerak semakin rendah, terkoreksi lebih dalam karena Uni Eropa dan proses Brexit masih terus bermasalah, Eropa berada di lembah resesi Imbas Brexit tersebut. Akhirnya Sebagai hasilnya, konsolidasi berubah menjadi semacam pelarian karena data ekonomi terbaru semakin menunjukkan keterpurukan ekonomi Eropa, dan kebijakan bank sentral Eropa memberi beberapa investor sinyal yang lebih jelas tentang di arah pergerakan mata uang safe haven dolar AS, euro, dan mata uang lainnya selanjutnya 

Mata uang safe haven USD mengakhiri pekan ini dengan posisi melemah cukup tajam terhadap kurs Japanese yen Jepang, tetapi lebih tinggi terhadap kurs euro, kurs Kanada, dan kurs dolar Australia. Mata uang safe haven Dolar AS melemah tajam setelah pertemuan Federal Reserve, sepertinya bisa terjadi selama seminggu ke depan di mana semua mata uang utama akan didorong lebih tinggi oleh pelemahan kurs dolar AS yang terdepresiasi. Bentuk pergerakan yang bagus untuk mata uang EUR

Tapi tetap saja, mata uang safe haven Dolar AS bisa bangkit kembali, Namun Fed yang dovish terus mendorong kurs US dolar begitu banyak mengalami penurunan, ketika masalah yang lebih besar adalah pertumbuhan secara global yang diambang resesi. 

Seperti dilaporkan dari Investing com, mata uang berkinerja terburuk saat ini adalah kurs euro, yang jatuh cukup dalam setelah data PMI yang memburuk. Kurs EUR / USD menembus 1,13 dalam beberapa menit setelah PMI jatuh ke posisi terendah periode multi-tahun, hal ini bisa meningkatkan kekhawatiran bahwa Eropa akan berada dalam resesi. Seperti dilansir dari Berlin, Jerman paling menderita dengan sektor manufaktur berkontraksi untuk bulan ketiga berturut-turut pada laju tercepat sejak Agustus 2012.

Data ekonomi tersebut mendorong indeks komposit PMI Jerman ke level terendah sejak Juni 2013. Sementara itu Prancis juga melaporkan aktivitas sektor manufaktur dan jasa yang lebih lambat, indeks komposit EZ turun menjadi 51,3 dari 51,9 di bulan Maret.

Investor Eropa dan investor asing lainnya di Eropa khawatir tentang pertumbuhan ekonomi setelah ECB memangkas perkiraan awal bulan ini dan laporan PMI hari Jumat menunjukkan seberapa dalam kekhawatiran tersebut berjalan. 

Sementara itu, Trump seakan Menambahkan garam ke luka, saat membuka kemungkinan kenaikan tarif mobil Eropa yang akan masuk ke pasar Amerika Serikat - Presiden Trump mengatakan pada hari Rabu bahwa mobil dari Uni Eropa sangat tangguh di pasar AS selama bertahun-tahun dan "kami sedang mencari sesuatu untuk memerangi."

Sementara itu dari pasar obligasi, imbal hasil obligasi tenor 10-tahun Jerman berubah negatif untuk pertama kalinya sejak Oktober 2016, menyebabkan kurs EUR / USD turun ke level rendah intraday di 1,1288. Sementara Fed masih dovish, dan tidak lagi berencana untuk menaikkan suku bunga tahun ini, ECB pun tidak akan menaikkan suku bunga sampai Fed membuat langkah lain atau jika ada perbedaan situasi yang signifikan, Secara teknis dan fundamental, kurs EURUSD di angka 1,10 masih menjadi target yang layak, Tetapi harap dicatat bahwa rebound bisa saja terjadi