Thursday, May 28, 2020

Penguatan Kurs Rupiah Sedikit Tertahan Imbas Kondisi Geopolitik AS dan China

Info kurs valas hari ini, kurs valas USD/IDR pagi ini Kamis, 28 Mei 2020, dibuka pada level 14700/14850 dan prediksi kurs Dollar Rupiah akan diperdagangkan pada kisaran 14700– 14850. Peluang penguatan Rupiah kemungkinan akan sedikit terhambat imbas kondisi Geopolitik AS dan China, meskipun sentiment positif pembukaan bisnis kembali di beberapa negara tetap menjadi salah satu nilai plus

Sementara itu update dari pasar global kemarin, Uni Eropa mengadakan proposal untuk pemberian dana stimulus sebesar EUR 750 miliar. Hal tersebut menyebabkan EUR terhadap USD menguat 0.12% ke level 1.1019. Proposal recovery fund sebesar €750 Miliar telah disetujui oleh Komisi Uni Eropa sebagai salah satu bantuan paket stimulus pada negara di kawasan Eropa yang terdampak oleh pandemi Covid-19. Hal tersebut membuat EUR terapresiasi terhadap USD. Pertemuan ECB minggu depan kini menjadi salah satu perhatian para pelaku pasar terkait pembahasan perluasan Pandemic Emergency Purchase Progam menjadi €1 T dari sebelumnya €750M.

Update terbaru dari hubungan AS dengan China, Perkembangan eksalasi tensi politik terkait penerapan sanksi oleh US terhadap China atas implementasi UU Keamanan di Hongkong serta sanksi lainnya (pelanggaran HAM) di Xinjiang akan menjadi salah satu penggerak sentimen USD/JPY pada hari ini menjelang rilis data ekonomi GDP US QoQ (Q1)  dengan konsesus pasar –4.8% (prior –4.8%) dan Core Durable Goods Orders (MoM) -14% (prior -0.6%) 



Virus-free. www.avg.com

No comments:

Post a Comment