Selasa, 20 April 2021

Kurs Rupiah Menguat, Apa Saja Sentimen Positif Penggeraknya ?

Sentimen risk on para pelaku pasar dan investor menjadi katalis positif bagi penguatan kurs Rupiah, bagaimana prediksi kurs Dollar Rupiah, mari kita tengok perkembangan pasar keuangan global, dari Amerika Serikat, Rilis data US Retail Sales dan Jobless Claims akhir pekan lalu yang mendapatkan hasil lebih tinggi dari ekspetasi menjadi 2 alasan utama pemberi sentiment positif bagi pelaku pasar pada hari Senin kemarin. 

Merespon hal tersebut, pasar saham US justru melemah dengan Nasdaq, S&P, dan Dow Jones di level -0.98%, -0.53%, dan -0.36%. Indeks USD (DXY) pagi ini berada pada level 91.03, turun 0.7% dari posisi tertingginya kemarin pada level 91.71. Sementara itu dari benua biru Eropa, GBP dan EUR kompak menguat terhadap USD sebesar 1.07% dan 0.42%, masing-masing di level 1.3977 dan 1.2032.



Laporan dari White House, pada Senin kemarin Joe Biden kembali mengadakan pertemuan dengan group bipartisan untuk mencapai kompromi seputar pembiayaan projek infrastruktur 2 trilliun USD. Group yg terdiri dari 5 orang Demokrat, 4 Republikan, dan 1 Independen tersebut menyepakati pembangunan infrastruktur sebagai hal yang penting, namun belum mufakat terkait sumber pembiayaanya.

Sementara itu dari berita politik luar negeri, US dan Tiongkok setuju untuk bekerja sama dalam menangani permasalahan perubahan iklim, beberapa hari sebelum pertemuan virtual untuk membahas hal yang sama akan diadakan presiden Joe Biden. Tiongkok dan US sendiri merupakan negara penyumbang emisi karbon dioksida terbesar di dunia.

Dari berita domestik Indonesia, terlepas dari larangan mudik lebaran dalam periode 6-17 Mei 2021, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno menyatakan Pemerintah memperbolehkan warga untuk berlibur ke tempat wisata dalam kota. Hal itu diperbolehkan selama protocol kesehatan dapat dengan disiplin dilaksanakan. 

Update nilai tukar Dollar Rupiah, Pada hari Senin kemarin Rupiah dibuka di level 14,560, diperdagangkan dalam rentang 14,547.5-14,580 dan ditutup di 14,547.5 atau menguat 17.5 point dari level penutupan hari sebelumnya. Hari ini pelaku pasar akan mencermati Hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang akan diumumkan siang ini dengan prediksi suku bunga acuan BI 7DRR tetap di level 3.5%.

Prediksi kurs Dollar Rupiah akan diperdagangkan di level 14450/14550 dengan potensi penguatan Rupiah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar