Tuesday, January 29, 2019

Kurs Pound Sterling Melemah Jelang Voting Brexit "Plan B"


Kabar tentang Brexit Deal kembali memanas, Besok rencananya Parlemen UK akan kembali melakukan voting atas rencana Brexit yang diajukan Theresa May, yang pada kali ini mengajukan “Plan B” setelah beberapa waktu lalu, rencana pertama yang diajukan ditolak oleh Parlemen UK. Plan B ini salah satunya terdiri atas revisi ketentuan terkait perbatasan Irlandia Utara, yang mana merupakan salah satu isu utama dalam Brexit ini. Pada perdagangan forex terkini kurs GBP/USD melemah 0.32% ke level 1.3161.

baca juga : Perkembangan Brexit Deal

Sementara itu kurs EUR/USD menguat 0.21% ke level 1.1437. US Dollar cenderung melemah jelang Fed meeting, Besok komite The Fed akan mengadakan meeting untuk menentukan suku bunga USD terbaru. Namun, beberapa pengamat pasar berpendapat bahwa The Fed pada kali ini tidak akan merubah suku bunga acuan US dan kemungkinan akan kembali memberikan pernyataan yang dovish akan perkembangan dan pertumbuhan ekonomi US ke depan.

baca juga: Berapa besar kerugian AS akibat shutdown

Tentunya Pernyataan Jerome Powelll pasca pengumuman suku bunga acuan juga akan menjadi salah satu hal yang diperhatikan pelaku pasar. Dollar AS juga melemah terhadap safe haven currency Jepang, kurs USD/JPY melemah 0.23% ke level 109.28