Rabu, 27 Mei 2020

Investor Sambut Positif Pemberlakuan New Normal Plus Protokol Kesehatan Ketat di Indonesia

Era "new normal" akan segera bergulir di seluruh wilayah Indonesia, Bagaimana pergerakan kurs Rupiah hari ini, kurs valas USD/IDR pagi ini Rabu 27 Mei 2020 dibuka pada level 14725/14800 dan diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran 14650 - 14850, prediksi pergerakan Rupiah akan sedikit menguat terbatas, hal ini besar kemungkinan karena imbas sentimen positif pemberlakuan "new normal" di Indonesia, saat ini ekonomi Indonesia dan kurs Rupiah juga berhasil menarik perhatian investor, setelah Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Indonesia dalam waktu dekat akan memulai masa New Normal. 

Presiden Jokowi berjanji untuk mendorong pemerintah Indonesia mengupayakan segala cara, agar masyarakat siap untuk masuk ke dalam era New Normal dan bersahabat dengan virus Corona. Jokowi percaya bahwa dengan tatanan kehidupan era New Normal, dapat memutar kembali roda perekonomian dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Presiden Joko Widodo juga telah berkoordinasi dengan Panglima TNI, Hadi Tjahjanto, untuk mengerahkan hampir 350,000 personil TNI dan Polri di 4 provinsi dan 25 kota termasuk DKI Jakarta, untuk menunjang penerapan kedisiplinan masyarakat terhadap aturan Social Distancing

Sementara itu dari pasar FX Global kemarin, Indeks Dolar AS (DXY) terpantau melandai sekitar 0.2 persen ke kisaran 99.55 pada awal sesi Eropa (26/5). Optimisme pasar terkait ekspektasi pemulihan global dari pandemi virus Corona telah mendorong kenaikan sentimen risk-on, meski optimisme tersebut masih tertahan oleh besarnya risiko konflik AS-China. 

Optimisme pasar terhadap kembalinya dibuka kegiatan ekonomi di beberapa negara (Jepang, Australia, dan Amerika Serikat) serta didukung dari perkembangan dari vaksin Covid-19 oleh perusahaan bioteknologi dari berbagai negara membuat JPY diperdagangkan menguat pada hari Selasa (26/5) hingga ke level 107.40. 

Adanya wacana penerapan sanksi oleh US terhadap China tekait implementasi UU Keamanan di Hongkong akan menjadi salah satu penggerak sentimen USD/JPY pada hari ini. Adapun AUD/USD naik 0.5% ke level  0.6650 ; NZD/USD menguat 0.5% ke level 0.6204 ; USD/JPY menguat tipis sekitar 0.1 persen ke kisaran 107.85. 

Virus-free. www.avg.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar