Wednesday, September 23, 2020

Seberapa Besar Nilai Uang Hasil Investigasi Dokumen FinCEN ?

Seberapa besar nilai uang FinCEN yang tersebar di lima bank besar ? dan apa saja lima bank besar tersebut ?

Baru-baru ini pasar finansial dihebohkan oleh berita dari Buzzfeed News, media tersebut kemarin merilis hasil investigasi mengejutkan yang mengungkap keterlibatan perusahaan-perusahaan perbankan ternama dunia dalam pencucian dana tindak kriminal, terorisme, dan korupsi. 

Media tersebut menginformasikan bahwa Dokumen yang terungkap dalam hasil investigasi ini merupakan bagian dari arsip milik Financial Crimes Enforcement Network (FinCEN), sebuah agensi khusus di bawah Departemen Keuangan AS yang bertanggung jawab menangani kejahatan keuangan, maka dari itu beberapa opini terus bermunculan, salah satunya opini tentang dugaan otoritas AS sengaja mengabaikan ulah perbankan yang kurang taat tersebut selama bertahun-tahun.

Kembali lagi ke pertanyaan diatas, Seberapa besar nilai uang FinCEN yang tersebar di lima bank besar ? dan apa saja lima bank besar tersebut ? 

Sesuai hasil investigasi tersebut terungkap dari Dokumen FinCEN menunjukkan lima bank terbesar, yakni JPMorgan, Standard Chartered, Deutsche Bank, Barclays, dan BNY Mellon terlibat dalam penanganan "uang haram" senilai sekitar USD2 Triliun bersama banyak bank berskala lebih kecil lain antara tahun 1997-2017. Deutsche Bank, perbankan terbesar Jerman, tercatat menangani lebih dari setengahnya atau tepatnya sekitar USD1.3 Triliun 

sumber : berbagai sumber


No comments:

Post a Comment