Thursday, December 3, 2020

Apa Saja Sentiment Pasar Penggerak Kurs Rupiah ?

Prediksi kurs valas Dollar Rupiah hari ini akan diperdagangkan di level berapa... Rupiah akan menguat atau melemah... mari kita cermati kondisi pasar global dan beberapa sentimen penggeraknya

Masih terkait perkembangan vaksin Covid-19, Beberapa berita positif dari perkembangan vaksin Covid-19 datang dari AS, dimana produsen vaksin Pfizer siap mengirimkan batch pertama dari vaksinnya di US pada pertengahan Desember 2020 jika FDA memberikan izin emergency clearance. Sementara itu, pemerintah UK telah melakukan approval terhadap vaksin dari Pfizer dan juga BioNTech.



Bagaimana update dari AS, Update terakhir terkait stimulus ekonomi US, House speaker, Nancy Pelosi dan Senate Leader, Chuck Schumer menyatakan bahwa proposal stimulus ekonomi bipartisipan senilai USD 908 Billion harus menjadi fondasi utama dalam negosiasi. Dalam proposal tersebut menyebutkan bahwa bisnis skala kecil dan menengah akan mendapatkan prioritas suntikan dana sekitar IDR 300 Billion, sementara Pemerintah Negara Bagian akan mendapatkan dana sekitar USD 240 Billion. Update tersebut memberikan optimisme dan harapan bahwa kongres dapat menyetujui proposal stimulus tersebut sebelum akhir tahun 2020.


Kendati secara umum pasar masih didominasi oleh sentimen risk-on dari berita Stimulus US dan perkembangan vaksin. mata uang USD diperdagangkan secara mixed terhadap mata uang G7. pasangan mata uang AUDUSD dan USDJPY terus melanjutkan penguatan, sementara GBP dan EUR terkoreksi 140 poin dan 60 poin setelah Michel Bernier menyatakan bahwa kesepakatan Brexit "still too close to call". Lalu bagaimana indeks USD sendiri, jika dicermati pagi ini DXY berada pada level 91.00.

Dengan beberapa sentiment penggerak tersebut, jika merujuk ke perkembangan pasar obligasi dalam negeri, harga SBN diperkirakan masih akan stabil dengan kecenderungan pergerakan sideways pada range 6.10 – 6.25% untuk SUN dengan tenor 10 tahun. Kondisi pasar dengan sinyal sentiment risk on dari pasar global karena optimisme stimulus ekonomi US dan juga progress positif perkembangan vaksin Covid-19 diperkirakan dapat memberikan sentiment positif pada market Surat Berharga Negara hari ini. 



Bagaimana Prediksi kurs valas Dollar Rupiah hari ini akan diperdagangkan di level berapa... Rupiah akan menguat atau melemah... diperkirakan posisi Dollar Rupiah akan bergerak di level 14050/14250 dengan kecenderungan penguatan Rupiah secara terbatas 

No comments:

Post a Comment