Rabu, 25 Agustus 2021

Sentimen Positif Mewarnai Pasar Keuangan Global, Bagaimana Peluang Penguatan Rupiah ?

Beberapa sentimen positif di pasar keuangan global banyak bermunculan, Dari pasar finansial global, pada penutupan bursa saham AS Dow Jones, Nasdaq dan S&P 500 menguat masing-masing sebesar 0.09%, 0.52% dan 0.15%, sementara pada pasar Asia Pasifik, indeks bursa saham Jepang yaitu Nikkei menguat 0.30%. 

Sementara itu dari pasar forex global, Penguatan terjadi pada DXY index sebesar 0.10% dari penutupan sebelumnya ke level 92.99. kurs valas EUR/USD melemah sebesar 0.11% ke level 1.1740, kurs valas GBP/USD melemah sebesar 0.04% ke level 1.3721 sedangkan kurs valas USD/JPY menguat 0.15% ke level 109.79.

Update terbaru Covid-19 di AS, Badan Pengawas Obat dan Makanan (Food and Drug Administration/FDA) Amerika Serikat resmi memberikan perizinan penuh untuk penggunaan vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech mulai Senin kemarin, atau ditingkatkan dari sebelumnya hanya izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA). 


Vaksin pun bisa digunakan tanpa keraguan pada warga berusia di atas 16 tahun. Pejabat kesehatan masyarakat AS berharap tindakan tersebut dapat meyakinkan warga US bahwa vaksin buatan Pfizer-BioNTech aman dan efektif. Merespon hal ini, Pasar kian optimistis bahwa pemulihan ekonomi akan semakin cepat setelah persetujuan vaksin di AS yang dapat membuat penyebaran virus Covid-19 terutama varian delta menjadi semakin terkendali. 

Dari pasa keuangan Eropa, update terbaru datang dari Berlin, Data German GDP tumbuh pada kuartal kedua tahun 2021, setelah mencatat lima periode kontraksi berturut-turut seiring adanya virus Covid-19. German GDP QoQ (Q2) berada di level 1.6% dari ekspektasi pada level 1.5% dan menunjukkan peningkatan dari rilis sebelumnya pada level -1.8%. Selain itu secara YoY, German GDP YoY Q2 dirilis diatas ekspektasi di level 9.8% dari ekspektasi pada level 9.6% dan menunjukkan peningkatan pada rilis sebelumnya di -3.4%. 

Hasil rilis data tersebut merupakan cerminan nyata yang menunjukkan ekonomi Jerman mulai pulih pada kuartal kedua. Hal ini terutama disebabkan oleh peningkatan pengeluaran konsumsi akhir rumah tangga dan pemerintah.

Bagaimana prediksi kurs Dollar Rupiah, Jika ditengok pada hari kemarin, Rupiah pada perdagangan kemarin diperdagangkan menguat ke level 14,390 ditengah membaiknya sentiment global. Percepatan vaksinasi secara global menjadi catalyst sentiment risk on di market, prediksi kurs Dollar Rupiah akan diperdagangkan di level 14350/14425

Tidak ada komentar:

Posting Komentar