Senin, 20 Agustus 2018

Kurs Rupiah sedikit menguat, Ancaman krisis ekonomi Turki masih membayangi


Rupiah sedikit menguat imbas dari koreksi terbatas US dollar terhadap mata uang utama lainnya, hari ini diperdagangkan di level 14550/14620, Dari Pasar FX Global, USD diperdagangkan melemah pada Jumat lalu di saat investor menunggu  hasil pembicaraan mengenai kelanjutan isu perdagangan antara Cina dan Amerika. Dari data ekonomi, US University of Michigan Consumer Sentiment Index dirilis lebih buruk 95.3 dibanding periode sebelumnya 97.9.

baca juga: Perbankan Eropa terdampak krisis Turki

Kurs US Dollar indeks (DXY) berada pada level 96.11, turun 0.56% dari hari sebelumnya. Lira Turki masih diperdagangkan melemah 8.5% terhadap USD, ke level 6.3 per USD, sedikit pulih dari level terendah 7.3 pada awal minggu lalu. Pelemahan Lira mendorong pelemahan mata uang emerging market lainnya terhadap USD, yang membuat pelaku pasar berjaga-jaga dan beralih pada mata uang safe haven.

baca juga: Pertumbuhan ekonomi zona Eropa melambat

Krisis Turki-Amerika membuat investor berekspektasi bahwa hal tersebut dapat menutup ekspektasi bahwa pertemuan US-Cina dapat meredakan kekhawatiran mengenai perang dagang. Euro diperdagangkan sedikit menguat ke level 1.1435, naik 0.55% dari level terendah 13 bulan awal minggu ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar