Senin, 12 Agustus 2019

Apa Itu Surat Utang Negara ? dan Apa itu Surat Perbendaharaan Negara ? Ini Penjelasannya...

Apa itu Surat Utang Negara??? bagi investor awam atau pemula perlu melakukan banyak observasi instrumen investasi yang menarik untuk mendapatkan imbal hasil yang terbaik dan tentunya minim resiko gagal bayar, salah satunya yaitu melalui instrumen Obligasi atau Surat Utang Negara

Sesuai defenisi yang didapat dari situs DJPRR Obligasi pemerintah atau lebih dikenal dengan Surat Utang Negara (SUN) adalah surat berharga yang berupa surat pengakuan utang dalam mata uang Rupiah maupun valuta asing yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh Negara Republik Indonesia, sesuai dengan masa berlakunya. Semua aktivitas transaksi menggunakan mata uang lokal yaitu Rupiah

Apa itu Surat Utang Negara Domestik?? Begini penjelasannya, Surat Utang Negara Domestik adalah merupakan obligasi pemerintah yang diterbitkan di pasar domestik dalam mata uang Rupiah maupun mata uang asing. ada yang disebut Fixed Rate dan Variabel Rate, Apa itu Fixed Rate (FR)? Fixed Rate Merupakan Surat Utang Negara berjenis kupon atau bunga tetap yang diterbitkan dengan manfaat untuk mengurangi risiko fluktuasi suku bunga. 

Lalu apa itu Surat Utang Negara jenis Variabel Rate (VR)?? VR Merupakan Surat Utang Negara yang berjenis kupon tidak tetap atau mengambang yang ditentukan berdasarkan suatu nilai acuan tertentu, seperti tingkat bunga SBI (Sertifikat Bank Indonesia), yang berfluktuasi mengikuti kondisi pasar keuangan atau ekonomi makro. 

Nah ada lagi yang dinamakan Surat Perbendaharaan Negara (SPN), apa itu Surat Perbendaharaan Negara, SPN Merupakan Surat Utang Negara yang berjangka waktu sampai dengan 12 bulan dengan pembayaran bunga dilakukan secara diskonto (discounted paper), yang di beberapa negara lebih dikenal dengan sebutan T-Bills atau Treasury Bills. 

Nah untuk investor kelas retail atau pembeli perorangan sudah banyak mengenal ORI atau SR, Apa itu Obligasi Negara Ritel (ORI)?? ORI Merupakan Obligasi Negara yang dijual kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia (WNI) melalui Agen Penjual di pasar perdana dan dapat diperdagangkan di pasar sekunder (tradable). 

Ada satu lagi nih, Apa itu Savings Bond Ritel (SBR)? SBR Merupakan Obligasi Negara yang dijual kepada individu atau perseorangan WNI melalui Agen Penjual di pasar perdana domestik yang tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder (non-tradable). 

Lalu apa fungsi Surat Utang Negara Internasional?? SUN jenis ini Untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan defisit APBN, selain menerbitkan SUN di pasar domestik, Pemerintah juga menerbitkan SUN dalam valuta asing di pasar perdana internasional dan pasar perdana Jepang

sumber: situs DJPRR


Tidak ada komentar:

Posting Komentar