Senin, 12 Agustus 2019

Apa Tujuan Bank Sentral Terapkan Suku Bunga Rendah Bahkan Sampai Negatif ? Ini Penjelasannya...

Era suku bunga rendah bahkan sampai negative sudah mulai diterapkan di beberapa negara, tanda-tanda resesi ekonomi global sedang menunjukkan wujudnya, baru-baru ini sebuah rekor baru dicetak oleh Bank Sentral Australia, Setelah memangkas suku bunga resmi menjadi 1%, yang mana ini adalah level terendah dalam sejarah ekonomi Australia, Gubernur Bank Sentral Australia Phillip Lowe mengatakan pada sidang parlemen ekonomi bahwa suku bunga acuan tersebut bahkan bisa dipotong menjadi nol atau di bawah nol jika ekonomi tidak membaik.

Kebijakan suku bunga rendah ini memaksa individu untuk membelanjakan lebih banyak daripada menyimpan di deposito dan bank meminjamkan lebih gencar. Gubernur Bank Sentral Australia Phillip Lowe mengatakan bank sentral sekarang mempertimbangkan metode "tidak konvensional" untuk membuat roda ekonomi negara itu bergerak lagi. Lowe menambahkan "Mungkin saja kita berakhir di batas bawah nol. Saya pikir itu tidak mungkin, tetapi itu mungkin. Kami siap melakukan hal-hal yang tidak konvensional jika keadaan memungkinkan, " kata Lowe.

Lowe mengakui bahwa kebijakan memangkas suku bunga resmi saat ini pada 1% sampai di bawah nol memang belum pernah terjadi sebelumnya di Australia, meskipun hal ini sudah cukup banyak diterapkan di negara-negara lain

"Ketika kami melihat ke luar negeri, kami melihat beberapa bank sentral memiliki suku bunga yang sangat rendah dan beberapa negara memiliki suku bunga negatif. Di Swiss saat ini suku bunga dilevel -0,75%, di zona Eropa -0,40% dan di Jepang -0,10 " kata Lowe.

Tapi apa artinya itu sebenarnya dibalik kebijakan yang tidak konvensional bagi Australia ini?

Secara historis Bank Sentral Australia, dan sebagian besar bank sentral, selalu mempertahankan suku bunga positif. Ketika individu meninggalkan uang mereka di bank misalnya, bank membayar bunga atas setoran itu.

Bank dan lembaga keuangan lainnya kemudian meminjamkan uang itu, membebankan suku bunga yang lebih besar kepada peminjam. Perbedaan suku bunga adalah bagaimana institusi seperti bank menghasilkan sebagian besar dari keuntungan mereka.

Ketika suku bunga semakin rendah, individu menerima bunga lebih sedikit dari penempata deposito mereka, dan membayar bunga lebih sedikit pada apa yang mereka pinjam jika melakukan pinjaman ke bank. Namun, ketika tingkat suku bunga acuan memasuki teritori negatif, tabelnya akan terbalik sepenuhnya dan semuanya menjadi sedikit kacau

Suku bunga negatif berarti bahwa uang yang disetor ke bank dapat dibebankan bunga, bukan menghasilkannya. Yang lebih radikal adalah fakta bahwa bank benar-benar membayar atau memberi uang secara cuma-cuma untuk nasabah pinjam uang ke bank, sebuah kontradiksi 

#SukuBunga #InterestRates #NegativeInterestRates #Banking #Economy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar