Wednesday, January 13, 2021

Presiden Jokowi Terima Vaksin Perdana, Bagaimana Prediksi Kurs Dollar Rupiah ?

Pelaksanaan pemberian vaksin untuk masyarakat akan dimulai hari ini, dengan awalan proses vaksinasi langsung dimulai oleh Presiden Jokowi, sesuai jadwal yang sudah diumumkan sebelumnya Presiden direncanakan akan menerima vaksin Covid-19 pada hari ini (13/01).




Bagaimana prediksi kurs Dollar Rupiah hari ini, di perkirakan akan diperdagangkan di level 14100/14350 dengan kecenderungan penguatan Rupiah secara terbatas

Sementara dari pasar global, Pelaku pasar menantikan proposal stimulus oleh Joe Biden yang direncanakan akan diajukan pada hari Kamis besok.

Lalu bagaimana perkembangan investigasi kerusuhan di Capitol Hill AS, Donald Trump menolak bertanggung jawab. Presiden Trump menolak tuduhan atas dirinya yang dinilai sebagai biang kerusuhan di Capitol Hill. Trump juga meyakini bahwa Wapres Mike Pence tidak akan menggunakan hak konstitusional untuk pemakzulan dirinya. Di lain pihak, Senate Majority Leader, Mitch McConell, meyakini Trump bersalah dan mendukung upaya Demokrat untuk memakzulkan presiden petahana. Hal tersebut diyakini akan mempermudah upaya untuk mengeluarkan Trump dari GOP. 

Berita lain dari AS selain drama pemakzulan, perhatian pelaku pasar juga tertuju pada isu bahwa The Fed akan melakukan tapering terhadap program pembelian aset dikarenakan kurva imbal hasil sudah siap memasuki periode 'supercharged steepening'. 

Hal tersebut memicu Indeks saham US menguat, meski secara terbatas dengan S&P500 ditutup tidak berubah dan Nasdaq naik 0.3%. Dari pasar obligasi Imbal hasil US Treasury tenor panjang 10 tahun tercatat turun 1.4bps ke level 1.13%. Sementara itu indeks USD (DXY) gagal menembus resistance 90.60 (SMA200 4hrs) dan kembali berada di level 90.04.




No comments:

Post a Comment